Resep dan cara membuat ayam bakar taliwang

          
Ayam bakar taliwang khas dari lombok nusa tenggara barat
Ayam bakar
        
         Salah satu menu kuliner nusantara yang patut dicoba kali ini adalah masakan ayam bakar taliwang yang sangat terkenal akan kelezatannya namun tak perlu jauh - jauh pergi ke Lombok Nusa tenggara barat untuk sekedar mencicipi menu satu ini karena sekarang banyak kita jumpai ditiap kota di Indonesia bahkan kalian juga bisa mencoba untuk membuat sendiri dirumah.

              Dan berikut ini saya akan tuliskan salah satu resep dan cara membuat ayam bakar taliwang khas dari Lombok dengan rasa yang enak, pedas dan gurih.

Bahan - bahan :

1. 1 ekor ayam kampung  (pilih yang muda )
2. 4 lbr daun jeruk
3. 2 batang serai ( memarkan )
4. 350 ml santan
5. 1 sdm kecap manis
6. Gula merah secukupnya

Bahan yang dihaluskan :

1. 10 siung bawang merah
2. 6 siung bawang putih
3. 15 cabai merah keriting
4. 2 ruas jari kencur
5. 3 butir kemiri ( disangrai )
6. 1 sdt terasi ( dibakar )
7. 1 sdt garam 

Cara membuat :

Pertama bersihkan daging ayam dengan air bersih dan sisihkan dahulu agar air tuntas, selanjutnya tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak goreng tambahkan daun jeruk, serei, gula merah dan kecap manis tumis sampai harum.

Kemudian masukkan daging ayam dan juga santan aduk sebentar agar bumbu merata masak sampai matang dan air menyusut setelah matang angkat.

Terakhir panggang daging ayam diatas bara api sambil dibolak - balik sampai warna berubah kecoklatan, angkat dan kini ayam bakar taliwang siap disajikan.
Selamat mencoba.