Resep cara membuat tape ketan hijau manis dan segar

      
Tape ketan makanan yang terbuat dari beras ketan putih manis dan segar
Tape ketan
      
       Tape ketan merupakan salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang mana sampai saat ini masih banyak disukai dan kita jumpai, makanan berbahan dasar dari beras ketan putih memiliki ciri khas mulai dari rasanya yang manis dan segar, aroma, warnanya yang hijau dan juga daun pisang sebagai pembungkusnya meskipun saat ini banyak kita jumpai dalam bentuk kemasan yang lain.

         Proses pembuatan tape ketan ternyata sangat mudah seperti apa caranya, bahan apa saja untuk membuatnya dan berapa lama membuat tape ketan.

Bahan - bahan :

1. 0,5 kg beras ketan putih
2. 1 butir ragi tape
3. Gula pasir secukupnya
4. Daun suji  secukupnya
5. Daun pisang untuk membungkus 

Cara membuatnya :

Pertama blender daun suji hingga lembut tambahkan sedikit air saring sisihkan, lalu cuci beras ketan sampai bersih kemudian rendam dengan air daun suji selama satu malam.

Setelah itu masak beras ketan yang sudah direndam selama semalam dengan air bersih sampai matang, angkat dan letakan ditempat rata.

Setelah benar - benar dingin taburi dengan ragi tape yang sudah dihaluskan aduk pelan sampai rata, masukkan kedalam wadah atau bisa dibungkus dengan daun pisang sambil diberi gula pasir yang sudah dicairkan dengan sedikit air.

Terakhir simpan ditempat tertutup selama 2 hari, dan tape ketan siap disajikan.
Selamat mencoba.