Resep dan cara memasak oseng - oseng kikil

     
Tumis  atau oseng - oseng kikil enak manis dan pedas bumbu kecap
Tumis kikil kambing

         
          Kikil atau kulit pada hewan mamalia sering dibuat dan dijadikan sebagai bahan masakan oleh masyarakat dan kebanyakan mereka lebih memilih kikil sapi, kerbau maupun kambing karena rasanya enak dan tidak terlalu alot. Namun tahukah kamu jika sebelum diolah kikil tetlebih dahulu melalui proses untuk menghilangkan bulu halus yang tumbuh dikulit tersebut dengan cara merebus atau dipanggang diatas bara api.

          Kikil kebanyakan diolah dan dimasak dengan cara dioseng atau ditumis dengan rasanya yang manis dan pedas membuat menu masakan ini banyak disukai oleh banyak orang, untuk membuat oseng - oseng atau tumis kikil ternyata caranya cukup mudah dan praktis seperti berikut.

Bahan - bahannya :

1. 500 gr kikil sapi atau kambing
2. 8 siung bawang merah
3. 6 siung bawang putih
4. 2 lembar daun salam
5. 2 cm lengkuas ( memarkan )
6. 2 lembar daun jeruk
7. 2 batang serai
8. 2 cm jahe ( memarkan )
9. 1 sdt garam
10. 4 sdm kecap manis
11. 1/2 sdt lada bubuk
12. 1 sdt gula pasir
13. Minyak untuk menumis

Cara membuat :

Pertama cuci bersih kikil kemudian direbus tambahkan garam, jahe, serai dan daun salam masak sampai matang dan empuk angkat tiriskan.

Tumis semua bumbu bawang merah, putih daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, dan jahe sampai harum kemudian masukan kikil yang sudah direbus aduk sebentar tambahkan air kaldu atau bekas rebusan sebanyak 100 ml tambahkan juga garam, gula, kecap manis dan irisan cabai masak sampai matang dan air menyusut. Setelah matang angkat dan sajikan.