Resep dan cara memasak dendeng daging sapi

           
Dendeng irisan daging tipis yang dibumbui rempah dan dijemur dibawah sinar matahari agar awet
Dendeng sapi
        Dendeng adalah proses memasak daging yang bertujuan agar dapat awet dan bertahan dalam jangka waktu yang lama di mana proses tersebut dilakukan  dengan cara pengeringan dibawah sinar matahari setelah daging rebus dan dibumbui dengan rempah - rempah.

Apakah kalian sudah tahu mengapa daging dendeng lebih lama bertahan dibanding daging biasa  ini dikarenakan adanya suatu proses pengasinan dan penjemuran sinar matahari sehingga kandungan air yang ada didalamnya menjadi berkurang yang akan menyebabkan bakteri tidak dapat tumbuh.
Bagaimana cara membuat dendeng dan apa saja bumbunya.

Bahan - bahannya : 

1. 500 gr daging sapi segar
2. 2 batang serai cukup digeprek
3. 5 cm lengkuas
4. 3 sdm gula merah
5. 4 sdm kecap manis
6. 5 siung bawang merah 
7. 4 siung bawang putih
8. 4 buah cabai merah
9. 2 buah kemiri
10. 1 sdm ketumbar
11. 1 sdt lada 
12. 1/4 sdt garam
13. Kaldu bubuk dan air secukupnya.

Cara membuat :

Iris daging dengan ketebalan 10 mm agar tidak mudah hancur perhatikan cara dalam mengiris sebaiknya searah dengan seratnya kemudian rebus menggunakan api kecil.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar,garam, pala setelah halus campur semua bumbu diatas sisihkan kita kembali kedaging yang direbus setelah panas dan minyak lemak daging keluar lalu angkat dan pukul - pukul daging agar pipih lakukan semuanya.

Selanjutnya masukkan semua daging dalam bumbu yang sudah dihaluskan aduk rata sampai bumbu dan daging benar - benar menyatu lalu tutup diamkan selama 2 jam agar meresap.

Terakhir jemur daging dibawah terik sinar matahari sampai kering.
Kini dendeng daging sapi siap digoreng.