Resep Cara Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang

       
Sete ayam sambal kacang enak khas dari pulau madura
Sate ayam
     
       Untuk menu makanan kali ini akan saya tuliskan lagi resep cara membuat sate ayam bumbu kacang khas dari Madura yang terkenal akan kelezatannya sejak dari dulu dan adanya bumbu atau sambal yang terbuat dari kacang tanah menambah rasa sate ayam ini semakin nikmat. Agar daging dapat empuk dan tidak berbau amis saat dimakan diperlukan cara yang benar saat proses memasaknya dan berikut dibawah ini cara praktis dan sederhana dalam membuat sate ayam dengan sambal kacang

Bahan - bahannya :

1. 500 gr daging ayam segar
2. 100 gr kacang tanah
3. 5 siung bawang putih
4. 7 siung bawang merah
5. 5 buah cabai rawit
6. 5 buah cabai merah
7. 3 butir kemiri
8. 100 ml air
9. Gula merah dan garam secukupnya

Cara membuatnya :

Pertama siapkan daging ayam cuci bersih kemudian olesi dengan perasan jeruk lalu biarkan sejenak agar tidak berbau amis. Kemudian rebus daging ayam sampai matang, tiriskan kemudian pisahkan daging ayam dengan tulangnya potong - potong seperti dadu.

Kemudian goreng kacang tanah dan jangan sampai gosong agar tidak pahit angkat dan tiriskan kemudian haluskan kacang tanah.

Goreng juga untuk cabai merah, cabai rawit kemiri kemudian haluskan bersama dengan kacang goreng tambahkan garam  juga gula merah atau gula jawa secukupnya masak sambai.

Selanjutnya tusuk potongan daging ayam dengan tusuk sate isi antara 5 sampai 6 potong daging kambing lalu bakar diatas bara api sambli dibolak - balik agar matang merata.

Terakhir sajikan sate siram dengan sambal kacang dan tambahi dengan kecap manis.

Baca juga : Resep sate kambing